Pesan Bagi Mahasiswa & Sarjana Tapi Susah Dapat Kerjaan? Simak Tips Berikut

Dipublikasikan oleh Redaksi pada

Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

Hai teman-teman Serkab, mimin mau share tulisan dari Linkedin Hendra Setiawan MRS

Kali ini saya akan sedikit sharing/berpendapat perihal ” Sarjana Tapi Susah Dapat Kerjaan? ” Sering kali kita melihat berita-berita di televisi maupun media online kredibel, Serta keluhan anak milenial zaman now, Wa bil khusus para fresh graduate di jenjang sarjana.

Mereka mengatakan bahwa angka pengangguran di tingkat sarjana begitu amat tinggi. Dan banyak dari lulusan baru mengaku sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Apakah itu fakta ataukah hoax? yes! menurut saya itu adalah fakta. Namun sebenarnya fakta yang tak perlu dibalut dengan data dan di publikasikan di depan publik. WHY?

Ketika kita mendengar bahwa ” SARJANA SUSAH MENDAPATKAN PEKERJAAN? “ . Sebenarnya itu terasa aneh dan tak masuk diakal. Kenapa? karena menurut data statiska swasta, rata-rata persyaratan maupun kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para calon kandidat (lowongan pekerjaan) adalah mereka yang berijazah SARJANA, Bahkan untuk jenjang pendidikan Sekolah Tingkat Atas atau setaranya terkesan susah untuk mencari pekerjaan.

Jobseeker kaum milenial zaman now cenderung lebih suka memilah-milih pekerjaan, Terutama dikalangan para fresh graduate lulusan sarjana.

Sudah tidak memiliki pengalaman pekerjaan, Tidak aktif beroganisasi di Universitasnya, IPKnya pas-passan, minimnya sertifikasi, Bukan lulusan cum laude, Kompetensi yang sebatas teori saja, Eh giliran lulus kuliah berharap mendapatkan posisi pekerjaan yang baik dan salary yang besar? Hellowww!!! Open your eyes!

Ini dunia nyata bung! bukan dunia khayalan!. Buang jauh-jauh mindsetmu yang seperti ini, Jika kamu terus seperti ini, maka realita pahit yang akan terus kamu dapatkan.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para Mahasiswa adalah, ketika kamu menganggap bahwa lulusan sarjana layak mendapatkan posisi pekerjaan serta salary yang setara dengan Ijazahnya. Eitttss… memangnya kamu siapa? pemilik perusahaan? sok atuh kalau kamu adalah pemilik perusahaannya. hihi

Kendati demikian, saya tetap ingin berbagi kepada teman-teman mahasiswa serta yang fresh graduate lulusan sarjana. Silahkan di simak dengan baik pesan saya ini :

  • Belajarlah dengan sungguh-sungguh
  • Jikalau bisa, carilah pekerjaan PART TIME di luar ataupun untuk mengisi waktu luangmu
  • Aktiflah berorganisasi di Universitasmu (Jika engkau tak bekerja)
  • Ikutilah Seminar-seminar motivasi maupun kompetensi yang dapat meningkatkan Softskill dan hardskill mu
  • Teruslah bangun relasi kepada siapapun itu, Jika perlu keluarlah dari zona nyamanmu
  • Jadilah seorang Mahasiswa/i yang produktif
  • Berusahalah menjadi seseorang yang menonjol di kelas dengan prestasimu (bukan karena masalahmu)
  • Rubahlah mindset mu menjadi lebih bijak dan dewasa,
  • Terimalah pekerjaan apapun itu, selama itu halal dan menambah jumlah daftar ” Pengalaman Pekerjaanmu “
  • Dan terakhir yang perlu kalian ingat! Jangan engkau anggap remeh temeh dalam mencari pekerjaan.

Kalian memang masih Fresh Graduate dan mindsetpun masih ” FRESH “. Namun jangan sampai ” FRESH “ ini kamu kotori dengan attitude yang buruk, Sehingga para recruiter dan headhunter tak melirikmu sebagai calon sasarannya (calon kandidatnya).

Dunia kerja itu keras dek! Namun kamu harus bisa melunakkannya, Tapi ingat! dengan cara yang tepat yah!

Jangan lupa untuk terus belajar dan mengevaluasi diri. Yang pertama dari HATI! , Bersihkan hatimu dahulu, lalu benahi hubunganmu kepada sang pencipta. Insya Allah, Rezki akan mengikutimu.

Keep Spirit and Optimisme!

Semoga bermanfaat ~

Di tulis oleh : Hendra Setiawan, Si pembelajar setiap saat.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar

Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

2 Komentar

Siti Sulasanah · 2019-11-06 pada 3:18 am

Nih min mau tanya ya, kan saya udah tes psikotes, udah interview HRD, terus di telpon untuk interview user, tapi udah sebulan ga ada kabar jelasnya untuk bertemu user itu kapan. Nah apakah ini cuma PHP atau memang sulit menjadwalkan waktu untuk bertemu user?

admin · 2019-11-06 pada 3:25 am

Menurut mimin sih bukan PHP atau sulit menjadwalkan bertemu user, tapi karena sudah dapet kandidat yang lain kak,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!