Bolehkah Sekali Kirim Email Kebanyak Alamat Email Perusahaan Lain? Ini Menurut Salah Satu HRD

Dipublikasikan oleh Redaksi pada

Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

Mengirim lamaran kerja melalui email memang sangat efisien terhadap waktu dan biaya, kita tidak usah capek capek kirim lamaran lewat kantor pos atau datang langsung ke perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk fotocopy berkas lamaran kerja, namun banyak dari para pelamar kerja yang tidak memperhatikan cara kirim email yang benar, salah satu kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja saat kirim email adalah sekali kirim email ke banyak alamat email perusahaan, berikut curhatan dari salah satu HRD yang merasa tidak tepat dengan cara tersebut.

“Pagi ini saya mendapatkan email lamaran pekerjaan. Ybs apply untuk posisi Accounting Staff, yang mana saya ga pernah posting dan ga punya lowongan untuk itu. Baiklah anggap saja coba-coba yakaan. Apa yang lebih ajaib?? Ybs mengirimkan email tsb bukan hanya ke saya, tapi to nya berisi full email2 recruiter perusahaan lain. Buanyaaak sekaliiii. Dear candidate, saya rasa ini contoh cara melamar yang kurang tepat ya. Sebelumnya pernah kejadian seperti ini, dan salah satu recruiter yang dia kirim membalas “Stop Spam ke email saya” šŸ˜‚ Betul kalau seperti ini masuknya seperti spam. Tidak terlihat keseriusan Anda melamar ke salah satu perusahaan. Apply saja ke semuanya, siapa tahu ada yang response.

It’s Ok apply ke banyak tempat tapi mbok ya jangan ketauan banget gitu lhooo. Masa kirimnya langsung ke seabreg recruiter di email yang sama. Kirimlah one by one personally, lebih baik kalau anda buat cover letter untuk masing2 perusahaan. Dari situ akan terlihat niat dan keseriusan anda. Kalau Anda belum paham akan hal ini, saya maafkan :)) Tapi jangan diulangi lagi ya.”

Ni Made Desy Natalia
Training and Recruitment at PT Mata Pelangi Chemindo
Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

2 Komentar

Tuti sabrina · 2020-01-20 pada 2:12 am

Informasi yg sangat bermanfaat untuk saya yg aedang mencari pekerjaan dan tidak mengeluarkan biaya mudah dan cukup menggunakan email

Windi lidia wati · 2020-01-26 pada 2:05 am

Saya sedang mencari pekerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!