Keren !!! Golok Ciomas Bakal Dibawa ke Unesco Sebagai Warisan Dunia – Serangkab.info
Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

Serangkab.info – Ketua Umum Seni Golok Indonesia (SGI), Opick berencana membawa Golok Ciomas menjadi bahan untuk maju di Unesco sebagai warisan dunia. Ini dikarenakan golok tersebut dinilai sangat unik dan memiliki nilai sejarah.

“Saya hari ini gembira sekali bisa hadir di Ciomas, ini hal yang luar biasa, sangat positif sekali, kita dikenalkan dengan pekerjaan orang tua dahulu, bagaimana cara membuatnya. Kalau di Jawa ada keris, kalau di sini ada Golok Ciomas,” kata Opick saat ditemui usai menghadari ritual memandikan golok Ciomas, Selasa (20/11).

Pelantun lagu religi ini juga berencanakan ‎akan membawa golok Ciomas ini menjadi bahan untuk maju ke Unesco sebagai warisan dunia.”‎Ini sangat positif sekali, banyak sekali golok dikumpulkan, dan dijelaskan sejarahnya,” katanya.

Sebagai pecinta golok, ia pun juga bercita – cita kedepan akan membuat museum senjata tradisonal nusantara Sakti di Jakarta. Ia mengaku terinspirasi saat datang di Rusia, dimana disana semua museum sangat ramai didatangi oleh masyarakat.

Mereka mengenalkan bakti leluhurnya kepada negeri terhadap anak – anaknya.”‎Nah ini sangat penting, karena apa yang bisa kita sampikan di masa depan, itu pekerjaan kita hari ini‎,”pungkasnya.(Lb/Yna).

Sumber

Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan
News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!