Lakukan Ini Supaya Diterima Saat Melamar Kerja Di Masa Pandemi 

Melamar kerja di masa pandemi bukanlah hal yang mudah saat ini. Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan untuk bangkit lagi mencari lowongan juga cukup susah. Banyak yang menganggur sementara tidak banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja membuat situasi semakin sulit. Untuk itu, kamu harus tahu cara tepat melamar pekerjaan di masa pandemi.

Melamar Kerja di Masa Pandemi

Masa pandemi membuat perekonomian cukup sulit di dunia. Tidak heran, semakin banyak saingan kamu dalam melamar pekerjaan pada era ini. Penting bagi kamu untuk mengetahui strategi yang tepat melamar kerja saat pandemi di mana semuanya dilakukan secara online.

1. Gunakan Koneksi

Kesulitan melamar pekerjaan saat pandemi secara bijak bisa kamu atasi dengan adanya koneksi. Tidak boleh malu untuk meminta bantuan dari relasi yang kamu miliki jika ingin mendapat pekerjaan pada situasi sulit seperti sekarang. Bahkan bila perlu kamu bisa bertanya pada relasi yang dimiliki, apakah bisa memberikan Rekomendasi ke tim HR.

Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan pada masa pandemi, sehingga peluang kamu untuk diterima kerja dengan bantuan relasi bisa lebih banyak dibanding yang tidak. Cara ini bisa menjadi salah satu kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Persiapan Mental

Masa pandemi ibarat masa sulit yang membuat kamu harus beradaptasi selamanya, termasuk pula saat melamar pekerjaan. Kamu harus mempersiapkan mental yang kuat untuk menunggu hasil dari banyaknya pekerjaan yang kamu lamar.

Biasanya perusahaan membutuhkan waktu dua minggu bahkan sampai satu bulan untuk menghubungi kamu, jika kamu orang yang memang masuk ke kualifikasi dari perusahaan. Setelah dihubungi, kamu tentu harus melewati beberapa tahap sebelum akhirnya benar-benar diterima perusahaan. Ada baiknya, kamu punya rencana cadangan yaitu dengan melamar ke perusahaan lain untuk peluang yang semakin tinggi.

3. Mengikuti Pelatihan Online

Untuk tetap bertahan dengan ekonomi yang sulit di masa pandemi sambil menunggu lamaran kerja diterima, bisa mengikuti berbagai pelatihan online. Ada banyak pelatihan online secara gratis yang bisa kamu ikuti saat ini. Mengikuti pelatihan online bisa menjadi salah satu cara untuk membuat skill kamu meningkat.

Ketika peningkatan keterampilan telah dilakukan, maka itu menjadi salah satu poin plus kamu untuk diterima di perusahaan. Terutama bagi kamu yang ingin melamar ke perusahaan besar, agar bisa lebih percaya diri.

4. Mempersiapkan CV  Online Dengan Baik

Melamar kerja di masa pandemi maka kamu harus mempertimbangkan untuk menyiapkan CV sebaik-baiknya. CV lamaran kerja online yang kamu buat harus berkualitas dan juga relevan dengan posisi lowongan kerja yang kamu incar. Untuk membuat CV yang baik bisa kamu pelajari secara online atau bisa juga dengan membuat CV pada layanan jasa pembuatan CV terbaik.

Hal ini untuk membuat CV Kamu terlihat menarik dan bisa dilirik oleh perekrut. Pastikan CV kamu memuat informasi penting tentang diri kamu, pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi yang pernah kamu ikuti.

5.  Tetap Latihan Wawancara Online

Pada masa penduduk seperti saat ini, sangat penting bagi kamu untuk melatih skill wawancara secara online. Karena wawancara secara langsung dengan virtual tentu rasanya akan sedikit berbeda. Wawancara saat melamar kerja secara online biasanya dilakukan lewat video call menggunakan berbagai media.

Banyak orang menganggap bahwa wawancara lewat video seperti ini cukup sulit. Terutama bagi kamu yang canggung berada di depan kamera secara langsung. Sambil menunggu panggilan dari perusahaan tempat melamar kerja, ada baiknya menyiapkan diri dengan latihan wawancara.

6. Manfaatkan Media Sosial

Melamar kerja secara online maka kamu harus benar-benar memanfaatkan sosial media. Ada banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online. Apalagi untuk lowongan pekerjaan di dunia digital.

Bagi kamu yang punya skill di dunia digital maka sebaiknya selalu update informasi lowongan pekerjaan pada sosmed yang kamu miliki. Pastikan pula kamu mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya, karena di sisi lain banyak pula terjadi penipuan lowongan pekerjaan.

Meski melamar kerja di masa pandemi cukup sulit, tetapi apa salahnya untuk mencoba. 6 poin di atas bisa kamu terapkan saat akan melamar kerja secara online dimanapun tempat dan perusahaan yang akan kamu tuju.

Mungkin anda suka konten ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =