Etika Kirim Email Saat Lamar Kerja Yang HRD Suka

Dipublikasikan oleh Redaksi pada

Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

Serangkab.info Di era digital, aktivitas manusia saat ini tidak lepas dari Gadget, Gadget seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia, itu terlihat dari keseharian manusia yang hampir setiap saat menggenggam gadget atau Smartphone, baik itu untuk melakukan komunikasi,  bahkan sekedar bersosial media, belakangan Gadget atau Smartphone berfungsi bukan hanya untuk berkomunikasi, tapi lebih dari itu, seperti berkirim email untuk mengirim aplikasi lamaran kerja.

Kali ini admin akan membahas bagaimana cara atau etika mengirim email saat melamar kerja.

Mengirim lamaran kerja melalui email memang sangat efisien terhadap waktu dan biaya, kita tidak usah capek capek kirim lamaran lewat kantor pos atau datang langsung ke perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk fotocopy berkas lamaran kerja, namun banyak dari para pelamar kerja yang tidak memperhatikan Etika Kirim Email Lamaran Kerjaberikut admin @lokerserangkab.info kasih tips Etika Kirim Email Lamaran Kerja.

Pertama, pastikan email perusahaan yang akan kita tuju benar penulisannya, sehingga aplikasi lamaran kerja kita sampai ke perusahaan.

Kedua, pastikan kita tahu posisi apa yang akan kita lamar di perusahaan yang kita tuju, ini penting karena untuk penulisan atau mengisi Subject pada email, pastikan subject tersebut jangan kosong.

Ketiga, ini yang paling mendasar atau paling penting yaitu isi email, kalimat pembuka dan Penutup seperti Dear tim HRD atau Yang Terhormat Bpk/Ibu HRD. jangan sampai selonong boyy atau tanpa permisi, kita biasa mau masuk rumah orang pun ada permisi atau ada kalimat pembuka, yang sering admin temui kebanyakan selonong boyy tanpa ada kalimat pembuka dan sebagainya, ini yang mempengaruhi anda jarang dipanggil untuk interview karna anda dianggap tidak sopan.

admin kasih contoh kalimat pembuka dan penutup yang menarik dan simpel untuk lamar kerja via email berikut contohnya :

======================================================================================================

Dear tim HRD

Berdasarkan informasi yang saya terima dari (Tempat anda melihat info lowongan kerja) Contoh (IG @lokerserangkab.info) bahwa perusahaan yang Bpk/Ibu pimpin sedang membutuhkan kandidat untuk posisi (Posisi yang anda akan Lamar) Contoh (Admin Data Analyst), dengan ini saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan CV terbaru dan berkas lamaran lengkap.
besar harapan saya untuk mengikuti proses selanjutnya
Best Regards
Nama Anda
======================================================================================================

Keempat, jangan lupa siapkan CV Terbaru anda semenarik mungkin tapi usahakan jangan terlalu berlebihan yang penting semua data diri anda ditampilkan dengan ringkas gamblang, anda bisa mencari contoh CV yang menarik di Google. Usahakan ukuran File CV atau Lamaran kerja anda tidak lebih dari 200Kb, untuk format sendiri boleh .doc atau .pdf tapi admin lebih suka .pdf, kenapa alasannya? tanyakan lansgung ke mimin. 😀

Note : Usahakan alamat email anda jangan alay, biasanya pihak HRD sedikit geli membaca alamat email yang alay dan HRD Pun malas membaca Lamaran anda 😀

tambahan lagi : untuk rentang waktu pemanggilan interview dari waktu kita kirim email tergantung perusahaan tersebut sedang butuh cepat atau tidak, dan yang paling penting anda masuk kriteria yang di cari perusahaan tersebut atau tidak kalau anda masuk kriteria perusahaan tersebut biasanya kurang dari 1 bulan anda akan dipanggil untuk interview atau mengikuti proses selanjutnya, intinya jangan terlalu berharap kepada manusia, nanti sakit hati yang ada *eh curhat, pasrahkan saja pada Allah SWT.

Sekian semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar atau DM IG @lokerserangkab.info

Jika bermanfaat silahkan Share/Bagikan

7 Komentar

ricky · 2019-07-23 pada 12:33 pm

terimakasih banyak min.,, semoga allah membalas kebaikan nya .. aamiinn

    Redaksi · 2019-07-23 pada 2:14 pm

    Amiin

Jorge · 2019-08-16 pada 1:10 pm

Min, kalo lampirannya apa aja sih?
Kek foto, ijazah,skck apa harus dilampirkan juga di email?

Fahruroji · 2020-03-25 pada 1:08 pm

Min saya udah banyak ngirim e mail tapi lamaran saya gak ada yang jebol. Jadi bingung saya apanya yang salah ja perasaan mah udah sesuai dengan prosedur

Musabihu · 2020-04-25 pada 3:26 pm

Assalamualikum
Bapak/ibu apa lokernya masih buka

LUKMAN NULHAKIM · 2020-05-26 pada 1:04 am

Semangat ya min ngetiknyaaaa. Walaupun orang Indonesia rata2 nya males membaca wkwkwkwk. Btw, selonong boyy bahasa endi koh? Wkwkwk

    Redaksi · 2020-05-27 pada 12:38 pm

    Serang Lurr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *