Resmi Diluncurkan, Tiap Peserta Bisa Dapat Dana Hingga Rp7 Juta Dari Kartu Prakerja

Dikutip dari Merdeka.com Pemerintah resmi meluncurkan meluncurkan program Kartu Prakerja yang bisa dimanfaatkan bagi para pencari kerja. Sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 tahun 2020, Kartu Prakerja merupakan bantuan pembiayaan pelatihan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan atau sedang tidak mencari pekerjaan.

Dalam artian karyawan atau buruh juga bisa mengikuti program ini. Asalkan mereka sudah berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang belajar atau kuliah.

“Program ini kami prioritaskan kepada pencari kerja muda,” kata Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di Kantor Komplek Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (20/3).

Menko Airlangga mengatakan saat ini ada 7 juta penduduk Indonesia yang belum dapat kerja. Sebanyak 3,7 juta diantaranya berusia 18-24 tahun.

Para pekerja muda ini 64 persen tinggal di perkotaan dan 78 persennya berpendidikan SMA ke atas. Pemerintah menyadari bahwa 90 persen dari mereka tidak pernah mendapat pelatihan bersertifikasi.

“Oleh karena itu Kartu Prakerja di prioritaskan untuk pencari kerja muda,” kata Menko Airlangga.

Setiap peserta Kartu Prakerja diberikan pembiayaan sebesar Rp3 juta – Rp7 juta. Dana ini hanya diberikan satu kali seumur hidup untuk seorang peserta. Dana dimungkinkan bisa digunakan lebih dari 1 kali oleh setiap start up.

Baca cara mendapatkan Kartu Pra Kerja disini

Mungkin anda suka konten ini

4 Comments

  1. Saya ingin bekerja, apa bekerja harus mempunyai kartu prakerja?
    Saya membutuhkan pekerjaan, maupun secara langsung bekerja atau melalui kartu prakerja

  2. Secepatnya di luncurkan pak. Tapi awas jangan salah pilih orang yang mampu di kasih yang tak mampu tidak mendapatkan kartu prakerja
    Wasalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =